14 Kata Bijak Imam Al-Ghazali, Hujjatul Islam, Sang Pembela Islam


Assalamualaikum,

Alhamdulilah pada kesempatan yang lalu saya telah menyelesaikai kata-kata motivasi dari Ir. Soekarno. Pada Kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada kalian 9 kata bijak imam al-ghazali.

Imam al-ghazali yang memiliki nama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali ath-Thusi asy-Syafi’i Yaitu Seorang tokoh islam yang sangat terkenal beliau banyak memperlajari dalam bidang ilmu filsafat dan tasawuf.

Karya-karya beliau seperti  Ihya Ulumuddin (Kebangkitan Ilmu-Ilmu Agama), Kimiya as-Sa'adah (Kimia Kebahagiaan),Minhajul Abidin,Maqasid al-Falasifah dan masih banyak lagi

Cak han sendiri biasanya membaca karya-karya beliau seperti ihya ulumuddin dan minhajul abidin. 

Imam al ghazali ketika kecil adalah anak yang gemar belajar. sang guru mengibaratkan al ghazali seperti laut yang tak bertepi. 

14 Kata Bijak Imam Al-Ghazali

1.
Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad.

2. 
Maafkanlah temanmu yang sedang berbuat kesalahan dan jangan sekali-sekali mencelanya.
3.
Kebahagiaan adalah ketika seseorang mampu menguasai nafsunya, sementara kesengsaraan adalah ketika seseorang dikuasai oleh nafsunya.
4. 
Jangan berteman dengan teman yang hanya ada ketika sehat atau kaya, karena teman seperti itu sungguh berbahaya sekali bagi kamu di belakang hari. 
5.
Ciri yang membedakan manusia dan hewan adalah ilmu. Manusia adalah manusia mulia yang mana ia menjadi mulia kerana ilmu, tanpa ilmu mustahil ada kekuatan.
6.
Hiduplah kamu bersama manusia sebagaimana pohon yang berbuah, mereka melemparinya dengan batu, tetapi ia membalasnya dengan buah.
7.
Sifat utama pemimpin ialah beradab dan mulia hati.
8.
Barangsiapa yang menghabiskan waktu berjam-jam lamanya untuk mengumpulkan harta karena takut miskin, maka dialah sebenarnya orang yang miskin.
9. 
 Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. 
(Update) 03 agustus 2020
 
10.
Cinta hanyalah istilah belaka. 
11. 
Bersungguh-sungguhlah engkau dalam menuntut ilmu, jauhilah kemalasan dan kebosanan kerana jika tidak demikian engkau akan berada dalam bahaya kesesatan.
12.
Orang munafik mencari-cari kesalahan, sementara orang beriman mencari permintaan maaf.
13.
Yang paling dekat dengan kita ialah mati.
14.
Saran itu mudah, yang sulit adalah menerimanya, karena itu pahit dalam rasa.
Semoga kata bijak ini bisa memtivasi kita semua dalam membakar semangat kita. atau kalian juga bisa mengeprint kata motivasi tersebut.

Lalu di tempel di dinding insyallah kita akan selalu ingat dan akan seperti menambah semangat kita akhirul kalam,

Walaikumusalam.

Belum ada Komentar untuk "14 Kata Bijak Imam Al-Ghazali, Hujjatul Islam, Sang Pembela Islam"

Posting Komentar

Harap Berkomentar Yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel