9 Manfaat Melaksanakan Sholat Dhuha, Bagi Wanita dan Pria

Assalamualaikum,

Sholat dhuha adalah Sholat Sunnah Yang dikerjakan Mulai 20 menit setelah matahari terbit, hingga 15 menit sebelum dhuhur.

Nabi Muhammad Saw sangat menganjurkan kepada  umatnya untuk melaksanakan Sholat Dhuha.

Ada banyak sekali manfaat dan Keutamaan dari melaksakan Sholat dhuha. Sebelum Saya menyebutkan Manfaat dari sholat dhuha saya akan menerangkan waktu dan niat sholat dhuha.

Waktu  Dan Pelaksanaan

Sholat Dhuha dikerjakan minimal 2 rakaat. Namun tidak ada larangan untuk menambah jumlah rakaat sholat dhuha. Dalam Sebuah Hadits Nabi Muhammad Saw Pernah Melaksanakan Sholat Dhuha hingga 8 Rakaat:

“Nabi saw. pada tahun terjadinya Fathu Makkah beliau salat duha delapan rakaat.” (H.R. Bukhari).
Waktu Pelaksaan dapat dikerjakan mulai 20 menit setelah matahari terbit sampai 15 mnt sebelum shalat dhuhur.

untuk pelaksanaan shalat Dhuha kamu  bisa lakukan sendiri ataupun secara berjamaah.

Niat Sholat Dhuha

Sebelum melaksanakan sholat dhuha pastikan kalian sudah memiliki wudhu dan Sebelum Melaksanakan Sholat Dhuha penting bagi kalian untuk mengetahui niat Sholat Dhuha.

Mengucapkan niat shalat dhuha sebelum takbiratul ikhram sunnah menrut mahzab hambali dan syafi'i.

Untuk niatnya Shalat Dhuha adalah berikut ini:

 اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى 

"Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa." 

Artinya: "Aku niat sholat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah ta'ala.

 

Manfaat Melaksanakan Sholat Dhuha

Setelah kita mempelajari Waktu Pelaksanaan dan Niat kini kita mempelajari apasih manfaat Melaksanakan Sholat Dhuha?

Agar kalian lebih mantap menjalankan Sholat Dhuha.

1. Di Mudahkan Segala Urusan

Seseorang yang rajin Sholat dhuha, Akan merasakan segala urusanya dimudahkan kepada Allah swt.


2. Wajah Terlihat Lebih Cerah

Manfaat Sholat Dhuha Lainnya adalah Membuat Wajah Menjadi lebih cerah.  Dengan berwudhu sedikitnya lima kali dalam sholat wajib, dapat membuat wajah lebih bersinar.

Apalagi ditambah Sholat Dhuha, tentu manfaat dari Sholat Dhuha semakin dirasakan

3. Dicukupi Kebutuhanya

Allah Swt berjanji pada setiap umat islam yang rajin melaksanakan sholat Allah Swt akan mencukupi apa yang menjadi kebutuhanya.

“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, cukuplaah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu”
Sholat dhuha adalah salah satu perantara agar keinginanan cepat terkabul seperti hanya sholat hajat.

4. Istana Di Surga

Dalam sebuah hadits menyebutkan  bahwa jika siapapun melaksanakan Sholat dhuha 12 rakaat maka Allah swt akan membuatkan istana.

Jadi mulai sekarang ayo semangat menjalankan sholat dhuha agar mendapatkan kemulyaan ini

“Siapa saja yang shalat Dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga”” (HR. Ibnu Majah)

5.  Diampuni Dosanya

Dengan kita melaksanakan Sholat dhuha dan Istiqomah maka dosa-dosa yang telah kita lakukan akan diampuni oleh Allah Swt.

Berikut adalah haditsnya:
“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan” (HR. Tirmidzi)

6. Dibuatkan Pintu Khusus di surga

Ada keutamaan yang lain yaitu ketika datang hari kiamat penjaga malaikat surga akan memanggil mana yang melaksanakan sholat dhuha.

Allah swt membuatkan pintu khusus bagi orang yang sering melaksakan sholat dhuha.

sesungguhnya disurga ada slaah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah” (HR.Thabrani)

Allah SWT. Memberikan kedudukan khusus bagi orang-orang yang melakukan Sholat dhuha berdasarkan Jumlah rakaatnya

Sebagaimana Hadits yang menerangkan Bahwa Rasululloh Bersabda:

Dari Abi Dzar ra, Rasulullah saw bersabda, “Bila engkau melaksanakan dua rekaat shalat Dhuha maka engkau tidak dicatat sebagai hamba yang lalai, atau empat rekaat maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang muhsinin (berbuat baik), atau enam rakaat engkau akan dicatat sebagai hamba uang taat, atau delapan maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang juara (Sukses), atau sepuluh maka pada hari ini dosamu tidak dicatat, atau dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan rumah disurga”

7. Peredaran darah Lancar


Salah satu manfaat Sholat dhuha bagi tubuh kita adalah melacarkan peredaran darah. karena pada pagi hari udara yang dirasakan masih segar dan bebas dari polusi.

Selain itu tubuh akan menggerak otot sehingga tubuh tidak menjadi kaku. sehingga membuat tubuh sehat bugar dan tentunya dapat melancarkan peredaran darah

8. Menyehatkan Jantung dan Ginjal

laksakan Sholat dhuha menjelang waktu dhuhur karena waktu dhuhur merupakan waktu yang tepat untuk mengurangi dapak penyakit jantung dan ginjal.

Ini karena situasi bumi yang berangsur memanas pada siang hari.

Kondisi seperi itu mam pu mempengaruhi sistem pencernaan dan hati

9. Sholat Dhuha Sedekah

Nabi Muhammad Saw Bersabda:

“Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat,” (HR Muslim)
Oleh karena itu: kita harus melaksanakan Sholat dhuha dan sangat lebih baik kalau bisa sampai istiqomah apabila sudah mencapai 40 hari kalaian akan merasakan manfaat dari sholat dhuha.

Manfaat dari sholat dhuha itu  sangat banyak tapi yang paling utama adalah ketika melakukan ibadah kita harus semata-mata untuk mencari Ridho Allah Swt. Bukan Yang lain.

Untuk pertama Melaksanakan Sholat Dhuha kalian bisa melaksanakan 2 rakaat dan berangsur-ansur ditingkatkan dan istiqomah.

Alhamdulilah akhirnya berada di akhir artikel apabila dirasa artikel ini bermanfaat kalian bisa like fanspage ini dan share artikel ini ke media social sobat Jazakumullah khairan

Wassalamualaikum.

Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat Melaksanakan Sholat Dhuha, Bagi Wanita dan Pria "

Posting Komentar

Harap Berkomentar Yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel